Ini Syarat Platform Digital Bisa Ikut Bermitra dengan Program Kartu Prakerja

fokusmedan : Asisten Deputi Ketenagakerjaan Kemenko Perekonomian, Yulius membeberkan beberapa persyaratan bagi platform digital untuk bekerjasama dalam program pelatihan kartu prakerja. Salah satu kriterianya adalah memiliki cakupan luas secara nasional.

Tak hanya itu, platform digital juga harus memiliki sistem Informasi Teknologi (IT) yang memadai. Artinya tidak, abal-abal atau sulit diakses. Kemudian yang paling penting adalah wajib memiliki portal sendiri dan memiliki kerjasama pelatihan kompetensi kerja.

Dia mengatakan, jika semua kriteria tersebut sudah dimiliki platform digital tetap tidak bisa serta merta langsung bermitra dengan pemerintah untuk program pelatihan prakerja. Sebab, masih harus melewati proses verifikasi dari Project Management Office (PMO).

“Jika memiliki semua belum tentu, jika platform lamar PMO akan verifikasi lagi screening lagi ternyata ini bener sesuai atau tidak,” kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu (23/4).

Dia menambahkan, sejauh ini baru ada delapan platform digital yang bermitra bekerja sama dengan program andalan pemerintah ini. Tidak menutup kemungkinan pihaknya akan membuka kembali penjaringan platform digital baru untuk pelatihan.

“Adanya platform jumlah pelatihan akan kita banyakan. Banyak tingkat tinggi sampai rendah,” tandas dia.(yaya)