Presiden Jokowi Sentil Kemendag Harga Pangan Tak Kunjung Turun

fokusmedan : Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempertanyakan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto terkait harga bahan-bahan pokok yang belum kunjung turun. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengimbau agar Mendag Suparmanto bisa menjaga harga terjangkau masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Saya tidak tahu ini dari kementerian perdagangan apa sudah melihat lapangannya bahwa ini belum bergerak,” jelas Presiden Jokowi saat rapat terbatas terkait Antisipasi Kebutuhan Bahan Pokok melalui siaran telekonferensi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (21/4).

Presiden Jokowi menjelaskan, hingga saat ini, harga beras mulai melonjak naik, gula pun tidak bergerak sama sekali. Kemudian kata Mantan Walikota Solo tersebut, harga bawang putih dan bawang bombai juga belum berubah.

“Minggu kedua April saya lihat yang masih naik harga daging sapi, cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, gula, dan harga yang turun daging ayam,” ungkap Presiden Jokowi.

Kemudian, Presiden Jokowi juga menerima laporan di lapangan, harga gabah kering turun 5 persen, namun harga beras naik 0,4 persen. Dia pun meminta menteri terkait memastikan kondisi petani tetap untung.

“Ini ada apa? Tolong dilihat betul lapangannya. Lapangannya dicek betul. Ini pasti ada masalah. Kalau harga gabah kering giling turun, mestinya harga berasnya juga ikut turun,” tegas Presiden Jokowi.

“Ini petaninya tidak dapat untung, harga berasnya naik, masyarakatnya dirugikan. Ini yang untung siapa dicari,” tambah Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi pun meminta agar di tengah pandemi Covid-19 jadi momentum untuk lakukan reformasi besar-besaran. Terutama di sektor pangan. “Reformasi besar-besaran dalam kebijakan sektor pangan di negara kita. Jangan kehilangan momentum kita. Saya rasa itu,” ungkap Presiden Jokowi.(yaya)