Jokowi Minta Pemda Perbanyak Tes PCR untuk Deteksi Covid-19 Diikuti Isolasi Ketat

fokusmedan : Presiden Joko Widodo ata Jokowi meminta kepada pemerintah daerah terus meningkatkan tes Covid-19 dengan metode Polymerase chain reaction (PCR) untuk masyarakat. Tujuannya memutus mata rantai virus corona.

“Saya sampaikan kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan sampel tes secara masif dan melakukan pelacakan yang agresif serta diikuti isolasi yang ketat,” kata Jokowi dalam siaran telekonferensi di Istana Bogor, Sabtu (18/4).

Dia juga meminta satuan gugus tugas di tingkat kecamatan, kelurahan, RT, RW, bekerja sesuai tugas dan kewenangannya. Jika ada warga di sekitar lingkungan memiliki gejala agar segera dibantu.

“Jika ada warganya yang bergejala terinfeksi virus corona dan juga bila ada yang membutuhkan uluran tangan harus segera dibantu,” imbau Jokowi.

Harapannya, agar penanganan dan terkoordinasi dengan baik. Dia menegaskan pemerintah tidak bekerja sendirian.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Tidak bisa. Peran serta seluruh lapisan masyarakat sangatlah penting,” ungkap Jokowi.

Jokowi juga meminta agar masyarakat tetap bekerja sama sehingga masa pandemi bisa terlewati.

“Saya amat percaya jika kita mampu melalui kesulitan ini bersama, kita justru akan menjadi bangsa yang semakin kuat dan siap menyongsong masa depan yang lebih sejahtera,” tegas Jokowi.(yaya)