Ditlantas Polda Sumut Adakan Pelatihan Keselamatan bagi Sopir Angkutan

fokusmedan : Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut melakukan Program Keselamatan 2020 dengan menggelar pelatihan pencegahan Covid-19 kepada para pengemudi kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Sedikitnya 177 pengemudi kendaraan mengikuti pelatihan ini,” kata Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin, Sabtu (18/4/2020).

Ia mengatakan pelatihan ini dilaksanakan di kawasan terminal dan pool kendaraan yang ada di kota Medan. Sedangkan untuk polres jajaran, kata pria dengan melati tiga dipunraknya ini, dilakukan di terminal dan pool kendaraan sesuai wilayah masing-masing.

Kemas mengaku, kegiatan ini sesuai arahan dari Presiden RI melalui Korlantas Polri dalam rangka memberikan pelatihan kepada para pengemudi kendaraan terkait keselamatan berlalulintas serta pencegahan penyebaran dan penularan virus Corona.

Pelatihan ini, akunya, dijadwalkan secara otomatis sesuai dengan ketentuan dari masing-masing Polda dengan tahapan yang sudah ditentukan seperti, Tahap I dilakukan pada 15 April sampai 15 Mei 2020, Tahap II dilakukan pada 16 Mei sampai 15 Juni 2020 dan Tahap III dilakukan pada 16 Juni sampai 15 Juli 2020.

“Pelaksanaan pelatihan berupa tahap I (bulan pertama) pelatihan safety driving dan safety riding, tahap II (bulan kedua) pelatihan etika berlalulintas dan tahap III (bulan terakhir) pelatihan pencegahan penularan virus corona,” terangnya.

Selain mengadakan pelatihan, kata Kemas, Presiden RI turut memberikan bantuan sosial berupa uang sebesar Rp 600.000/ org selama 3 bulan terhitung April -Juni yang diperuntukan kepada para pengemudi taksi, bus, truk, travel, angkot, ojek konvensional dan kernek diseluruh wilayah Indonesia.

“Untuk Polda Sumut dan Polres jajaran sendiri bantuan sosial tersebut akan diberikan kepada 3.846 orang peserta disetiap bulannya selama 3 bulan berturut turut,” ungkapnya.

Adapun bantuan sosial yang berupa uang tersebut akan dimasukan kedalam tabungan BRI dan Kartu ATM serta akan diserahkan langsung kepada para peserta dilokasi pelatihan sesaat setelah giat pelatihan dimaksud berakhir.(ril)