Ini Cara Tepat untuk Mencuci Masker Kain, Sudah Tahu?

fokusmedan : Menurut sebuah laporan terbaru yang diterbitkan di The Lancet, partikel virus Corona dapat bertahan menempel di permukaan masker kainĀ hingga 7 hari. Dilansir dari The HUffington Post (15/4/2020), masker kain buatan sendiri memiliki tingkat kerentanan terhadap virus yang lebih tinggi.

Mengenakan masker kain dapat mengurangi konsentrasi partikel virus yang terhirup melalui tetesan pernapasan, namun masker kain itu sendiri juga dapat membawa virus. KainĀ katun tidak dirancang untuk sepenuhnya menyaring partikel virus dalam rentang nanometer.

Tujuannya Bukan Agar Tak Tertular, tetapi Agar Tak Menulari

Namun, kain ini dapat sangat membantu bagi seseorang yang tidak memiliki gejala. Sekitar 97 persen partikel virus di udara dapat dengan mudah menembus masker kain. Inilah mengapa penggunaan masker kain sebenarnya merupakan metode untuk melindungi orang lain, bukan diri sendiri.

Cuci Setidaknya Sehari Sekali

Masker kain harus dicuci setidaknya sekali sehari, setiap kali kamu selesai menggunakannya. Menurut para pakar, idealnya, masker tidak boleh digunakan lebih dari 30 menit, karena kelembapan dari napas membuatnya kurang efektif sebagai pengahalang terhadap partikel virus. Jika kamu adalah pekerja medis, pertimbangkan untuk mencuci masker kain setiap 2 jam sekali.

Gunakan Deterjen dengan Pemutih

Gunakan deterjen dengan senyawa pemutih atau bahan aktif lainnya untuk mencuci masker kain. Senyawa ini dapat membunuh mikroba lebih efektif daripada deterjen standar lainnya.

Jika memungkinkan, cucilah masker kain menggunakan air panas dengan temperatur setidaknya 60 derajat Celcius. Kamu juga bisa mensterilkan masker dengan menyeterika atau meletakkannya di dalam oven selama 20 menit dengan suhu sekitar 70 derajat Celcius.

Setelah mencuci, pengeringan masker harus dilakukan di udara yang panas. Selamat mencoba! (yaya)