Pandemi Covid-19, Jokowi Minta Bantuan untuk UMKM Segera Dieksekusi

fokusmedan : Presiden Joko Widodo atau Jokowi imbau kepada menteri terkait untuk segera mempercepat eksekusi program relaksasi untuk Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). Hal tersebut untuk usaha mitigasi pandemi Covid-19 terhadap UMKM yang terdampak.

“Mempercepat eksekusi program relaksasi restrukturisasi kredit bagi UMKM yang mengalami kesulitan,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas terkait Program Mitigasi Dampak Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Istana Merdeka Jakarta¬†Pusat, Rabu (15/4).

Dia menjelaskan mekanisme bantuan untuk kredit UMKM yaitu berupa subsidi bunga penundaan bayar pokok. Kemudian tambahan kredit modal kerja haru segera dilaksanakan.

“Jangan menunggu sampai mereka tutup baru kita bergerak. jangan sampai nanti terlambat, jangan sampai terlambat dan menimbulkan gejolak di masyarakat,” jelas Jokowi.

UMKM Diberikan Peluang

Jokowi juga minta agar UMKM diberikan peluang untuk terus berproduksi. Terutama kata dia yaitu dalam sektor pertanian dan industri rumah tangga.

“Diberikan peluang terus untuk berproduksi terutama di sektor pertanian, di sektor-sektor industri rumah tangga, serta warung-warung tradisional dan sektor makanan dengan protokol kesehatan yang ketat,” jelas Jokowi.(yaya)