19/04/2024 7:31
NASIONAL

Wapres Ma’ruf Amin akan Pimpin Tarhib Ramadan dan Indonesia Berzikir

fokusmedan : Pemerintah akan menggelar Tarhib Ramadan dan Indonesia Berzikir, pada Kamis (16/4). Acara yang akan digelar secara daring mulai pukul 19.30 sampai 20.30 WIB akan diikuti oleh sejumlah ulama dan keluarga besar Kanwil Kementerian Agama. Panitia juga mengundang seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut berzikir dan berdoa untuk kebaikan bangsa.

“Acara ini digelar dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan sekaligus mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk berdoa, berzikir, dan bermunajat agar pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dapat segera berlalu,” kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, Selasa (14/04).

Dia menjelaskan, nantinya acara tersebut akan disiarkan langsung oleh stasiun tv, serta live streaming dari media sosial Kementerian Agama, serta BNPB. Tidak hanya itu, dia juga menjelaskan Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan  memimpin acara tersebut.

“Tarhib Ramadan dan Indonesia Berzikir akan dipimpin oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Acara ini merupakan kerja bersama lintas Kementerian/Lembaga, mulai dari BNPB sebagai leading sektor penanganan Covid-19, Kementerian Agama, Kemenkominfo, MUI, TVRI, dan lembaga-lembaga terkait lainnya,” jelas Kamaruddin.

Para ulama dari sejumlah daerah di Indonesia kata dia juga akan mengikuti zikir bersama ini. Mereka akan berzikir dari kediaman masing-masing, ikut bergabung melalui aplikasi pertemuan daring. Hal ini agar proses zikir tetap menjaga physical distancing dan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 ini. Tidak hanya itu dia juga meminta masyarakat juga ikut serta di kediaman masing-masing.

“Pemerintah berharap, masyarakat khususnya umat muslim, tetap dapat menyambut bulan suci Ramadan secara khidmat, meski saat ini kita tengah dihadapkan dengan ujian pandemi,” jelas Kammarudin.(yaya)