40 ABK Kapal Kelud tujuan Belawan dinyatakan positif Covid-19

fokusmedan : Berdasarkan hasil pemeriksaan oleh KKP Kelas 1 Khusus Batam pada Minggu (12/4) lalu, 40 Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Kelud asal Pelabuhan Tanjung Priok dinyatakan positif Covid-19.

Sebelumnya kapal yang membawa 111 penumpang ini, akan berlabuh di Pelabuhan Belawan, Senin (13/4).

Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, dr Aris Yudhiriansyah membenarkan hal tersebut dan selanjutnya para penumpang yang turun di Pelabuhan Belawan akan menjalani rapid test untuk mengetahui apakah turut terpapar Covid-19 atau tidak.

“Kami saat ini sedang koordinasi dengan KKP, Pelindo dan Dinkes Medan untuk proses pemeriksaan,” sebutnya kepada wartawan, Senin (13/4).

Ia menjelaskan, sebelumnya diketahui seorang ABK berinisial TF positif terinfeksi Covid-19 berdasarkan hasil Rapid test. Selanjutnya, saat dilakukan tracing, 39 ABK lainnya juga positif terpapar Covid-19.

Oleh KKP kelas I Batam, TF kemudian dirujuk ke RSBP Batam untuk menjalani proses isolasi. Sementara itu 39 orang lainnya di evakuasi ke RS Infeksi Khusus Galang dengan menggunakan 1 unit Hiace Ambulance KKP dan 1 unit Bus Trans Pemko Batam dikawal Foredes dari Denpom 1/6 Batam.(riz)