Tenaga Medis di Papua yang Tangani Covid-19 Disediakan Hotel untuk Istirahat

fokusmedan : Pemerintah Provinsi Papua menyediakan hotel bagi tenaga medis yang menangani pasien positif COVID-19 di rumah sakit-rumah sakit di Kota Jayapura sejak Jumat (10/4), kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Papua Silwanus Sumule.

“Tenaga kesehatan yang menggunakan fasilitas hotel itu baru dari satu rumah sakit, yakni RS Bhayangkara,” katanya di Jayapura, Minggu (12/4).

“Sekarang ini Hotel Horison Kotaraja yang baru diminta dan sudah digunakan oleh tenaga kesehatan dari RS Bhayangkara. Kalau rumah sakit lain meminta penginapan maka kami akan siapkan hotel. Hotel yang diminta tergantung pada permintaan dari pihak rumah sakit,” ia menambahkan.

Silwanus mengatakan pemerintah provinsi siap menyediakan fasilitas penginapan bagi petugas kesehatan yang terlibat dalam penanganan pasien COVID-19.

Ia menjelaskan pula bahwa pemerintah provinsi sepenuhnya menanggung biaya perawatan dan pengobatan pasien COVID-19.

“Misalnya mereka menggunakan Kartu Jaminan BPJS Kesehatan, tetapi jika BPJS Kesehatan itu ada yang kurang-kurang, pasti kita akan tutupi,” katanya.

Ia menambahkan, pemerintah provinsi juga menanggung biaya pemulasaraan jenazah pasien yang terinfeksi virus corona.

Silwanus mengatakan, pemerintah provinsi bersinergi dengan pemerintah kabupaten/kota dalam menjalankan upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

Menurut data Kementerian Kesehatan, hingga 10 April 2020 jumlah pasien positif COVID-19 di wilayah Provinsi Papua secara kumulatif sebanyak 38 orang, dua orang meninggal dunia dan tiga pasien menurut hasil dua kali pemeriksaan spesimen sudah tidak terinfeksi virus corona.(yaya)