Penjelasan PVMBG 6 Gunung Mengalami Erupsi Berantai

fokusmedan : Enam gunung yang tersebar di sejumlah wilayah mengalami erupsi hampir bersamaan pada Sabtu (11/4) dini hari. Menurut pantauan di peta Magma Indonesia, keenam gunung tersebut adalah Gunung Merapi, Gunung Semeru, Gunung Anak Krakatau, Gunung Kerinci, Gunung Ibu dan Gunung Dukono.

Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan menjelaskan informasi terkait erupsi Gunung Anak Krakatau yang hampir bersamaan dengan lima gunung lain. Menurutnya hal itu bukan anomali dan bukan terjadi secara bersama-sama.

“Itu buka anomali, memang gunung-gunung lain secara berkala juga terus erupsi tiap hari, kalau Gunung Anak Krakatau terjadi erupsi artinya gunung itu yang baru ikut bersama erupsi,” kata Hendra saat dihubungi, sabtu (11/4).

Hendra menjelaskan, erupsi gunung terjadi selama bertahun-tahun secara berkala dan semua kejadiannya terus dipantau dan dilaporkan oleh Mitigasi Bencana Geologi.

“Jadi itu gunung-gunung yang sudah erupsi bertahun-tahun, jadi kalau erupsi gunung bukan hanya Krakatau tapi juga Gunung Ibu, Gunung Dukono itu meletus itu bertahun-tahun tapi bukan dalam frequensi waktu bersamaan, ada yang berhenti sehari dua hari lalu ikut lagi (erupsi),” terang dia.(yaya)