Stok darah menipis, PMI: Ayo donor darah

fokusmedan : Mewabahnya Covid-19 membuat stok darah berkurang dan tidak mencukupi untuk kebutuhan warga Kota Medan.

Hal itu disampaikan Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan dr Harry Butar-butar SpB.dalam konfrensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (8/4).

“Stok darah di UDD PMI Kota Medan sudah sangat berkurang. Biasanya rata-rata kita punya 1.500 kantong untuk memenuhi kebutuhan darah seluruh Kota Medan dan sekitarnya, tapi sekarang sudah sangat menurun, dan yang ada pada kita hanya sekitar 500 kantong,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, meski Covid-19 mewabah, namun bukan berarti penyakit-penyakit lain seperti kanker dan anemia harus lepas dari perhatian.

“Untuk itulah kami mengimbau agar seluruh masyarakat Kota Medan terutama pendonor-pendonor rutin tetap mempunyai keikhlasan hati untuk mendonorkan darahnya,” harapnya.

Sedangkan untuk tetap melakukan donor darah, PMI sudah memiliki cara aman bagi pelaksanaan donor darah agar tidak menyebabkan penyebaran virus Covid-19.

“Saat ini PMI sangat membutuhkan keikhlasan pendonor darah karena saat ini stok darah sudah sangat menipis,” pungkasnya.(riz)