Pemerintah Diminta Beri Bantuan Warga Terdampak Covid-19 Lewat Tingkat RT

fokusmedan : Pemerintah baru saja menggelontorkan sejumlah bantuan untuk warga terdampak pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Sosial Jualiari Batubara langsung menyalurkan bantuan sosial tersebut.

Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahardiansyah mengatakan agar bantuan cepat tersalurkan sebaiknya pemerintah membuat mekanisme hingga tingkat RT dan RW. Sebab, pandemi Covid-19 membutuhkan penanganan yang cepat.

“Bantuan melalui Kartu Pra Kerja atau lain-lain itu membutuhkan waktu. Seharusnya pemerintah bisa menggunakan perangkat tingkat bawah RT/RW untuk salurkan bantuan. Karena wabah corona ini berpacu dengan waktu, butuh gerak cepat,” katanya saat dihubungi merdeka.com, Selasa (7/4).

Terkait kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), lanjutnya, pihak yang merasakan dampaknya yakni para driver ojek online.

Bila suatu daerah menerapkan status PSBB, maka ojek online masih diperbolehkan untuk beroperasi. Namun, hanya untuk mengirim barang, bukan penumpang. Pemerintah harus mampu memberikan bantuan yang konkret bagi para driver ojek online.

“Sudah jelas, ini korbannya driver ojol, bila aturan tersebut berlaku maka mereka secara otomatis masuk ke masyarakat yang rentan dan membutuhkan bantuan sesegera mungkin dari pemerintah,” ujarnya.

Menurutnya, alasan memasukan ojek online sebagai masyarakat rentan karena mereka (driver ojol) akan minim mendapatkan penghasilan, diakibatkan larangan angkut penumpang dan pembatasan transportasi.

“Jadi jangan bertele-tele segera kepada pemerintah salurkan bantuan kepada masyarakat yang tergolong rentan. Bantuan berupa bahan pangan dan kebutuhan pokok lainnya,” katanya.(yaya)