Pemerintah Salurkan Bantuan 1.200 APD untuk Tenaga Medis di DIY

fokusmedan : Bantuan alat pelindung diri (APD) dari pemerintah pusat telah diterima oleh Pemda DIY. Bantuan APD sebanyak 1200 buah ini diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis di DIY hingga sebulan mendatang.

Kepala Dinkes DIY, Pembajun Setiyaningastutie menerangkan ada dua bantuan APD dari pemerintah pusat. Yaitu dari Kemenkes dan dari BNPB. APD ini akan didistribusikan kepada tenaga medis yang menangani pasien COVID-19.

“Kemarin dari Kemenkes sekitar 200 (buah APD). Dari BNPB sekitar 1.000 APD,” ujar Pembajun di Bangsal Kepatihan, Senin (23/3).

Pembajun menerangkan jika bantuan APD ini meliputi baju pelindung diri (gown), masker N95, pelindung wajah, sepatu boots, dan lain sebagainya. Pembajun menjelaskan jika pemakaian APD saat ini digunakan sesuai dengan kebutuhan.

“Karena keterbatasan, maka para dokter patologi klinik itu sudah memisahkan. Oh, kalau yang kondisinya seperti ini, cukup pakai ini. Kalau kita mau ideal semua ya nggak cukup. Daripada tidak merawat, pokoknya bagaimana tingkat keparahannya dengan ketersediaan,” urai Pembajun.

Sementara itu Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih menjelaskan jika bantuan APD akan dipakai untuk RS. Meskipun demikian ke depannya Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY akan menambah APD dengan anggaran dari APBD.

“APD untuk rumah sakit, semoga bisa sampai satu bulan ke depan. Saat ini sudah diusulkan melalui anggaran Gugus Tugas pengadaan APD,” ungkap Berty.(yaya)