Antisipasi wabah Covid-19, Dinkes Sumut bentuk Tim Relawan Tracing

fokusmedan : Mengantisipasi mewabahnya Covid-19, Dinas Kesehatan Provinsi Sumut telah membentuk Tim Relawan Tracing, Jumat (20/3).

Tim relawan ini nantinya akan bertugas untuk mencari dan melacak siapa saja yang memiliki riwayat kontak erat dengan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan melalui Sekretaris Dinas dr Aris Yudhariansyah menyampaikan, tim relawan ini terdiri dari kelompok Pramuka, Mer-C, dan IMM.

“Tim relawan yang baru dibentuk ini terdiri dari 7 kelompok dan ini merupakan langkah penting agar bisa memutus secepatnya mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumut,” sebutnya kepada wartawan.

Ia memprediksi, apabila tim relawan ini bekerja maksimal, maka persoalan wabah Covid-19 akan clear dalam kurun waktu tiga bulan.

“Apabila tim relawan ini mampu menemukan ODP dan PDP yang berkeliaran, maka orang tersebut akan diarahkan untuk melakukan karantina rumah. Namun, apabila masih membandel, maka akan diberikan sanksi tegas,” tandasnya.(riz)