Cegah Corona, Peserta UN SMK di Medan Diminta Cuci Tangan Sebelum Masuk Kelas

fokusmedan : Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sumut berlangsung sesuai jadwal di tengah kekhawatiran akan penyebaran virus corona atau Covid19. Pada hari pertama ujian, Senin (16/3), sekolah menyiapkan sabun dan cairan pembersih yang akan digunakan siswa untuk mencuci tangan.

UN tingkat SMK ini digelar hingga Rabu (19/3). Terdapat 956 SMK di Sumut yang menggelar UN.

Sebanyak 17 sekolah menggelar Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK). Sementara 939 sekolah menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Sumut, 92.168 siswa SMK di Sumut terdaftar untuk mengikuti UN mulai hari ini. Rinciannya 91.746 siswa akan mengikuti UNBK, sedangkan 422 siswa mengikuti UNPK.

Salah satu SMK yang melaksanakan UNBK yakni SMK Negeri 7 Medan di Jalan STM, Kampung Baru, Medan. Di sekolah ini, 619 siswa dari lima jurusan dijadwalkan mengikuti ujian yang dimulai pukul 07.30 Wib.

Pihak sekolah telah menyiapkan sabun, cairan pembersih dan tisu yang dapat digunakan peserta ujian. “Sebelum masuk, mereka harus membersihkan tangan lebih dahulu,” kata Kepala SMK 7 Medan, Asli Beru Sembiring, Senin (16/3).

Seluruh civitas sekolah juga dilarang berjabat tangan. Bahkan beberapa hari sebelum ujian, pihak sekolah menganjurkan siswa untuk mengecek kesehatan masing-masing.

Langkah ini dilakukan pihak sekolah untuk meminimalisasi penyebaran virus Covid19. “Insya Allah, ujian hari ini berjalan lancar,” ucap Asli.(yaya)