Budi Karya Positif Corona, Luhut Ditunjuk Jadi Menteri Perhubungan Sementara

fokusmedan : Kementerian Perhubungan Budi Karya Sumadi positif corona, dan tengah menjalani perawatan medis di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Pemerintah menugaskan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut B. Pandjaitan menggantikan sementara sebagai Menteri Perhubungan.

“Tugas Kemenhub berat dan Presiden sudah menugaskan mengangkat Menteri Perhubungan ad interim, yakni Menko yang mengkoordinir, yakni Menko Marves sebagai Menhub ad interim. jadi ini juga fungsi-fungsi kementerian juga tidak akan terganggu. Sekali lagi semoga masalah covid tertangani. Presiden juga sudah bentuk satgas,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Sabtu (14/3).

Pratikno melanjutkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga sedang melakukan pelacakan terhadap siapa pun termasuk menteri atau pejabat negara yang pernah berinteraksi dengan Budi Karya. Hal ini dilakukan untuk langkah antisipasi penyebaran corona.

“Seperti tadi saya katakan, Menkes telah bertindak cepat untuk mengantisipasi mengenai hal ini melakukan tracking, dan segera melakukan tes bila diperlukan. Tapi perlu kami sampaikan bahwa banyak sekali orang yang terkena dinyatakan positif dan bisa segera sehat kembali. Tapi ini jadi catatan kita tak perlu panik dan meminimalisir risiko. Namun tak perlu panik, banyak kasus yang sehat,” lanjutnya.

Selain itu, Kemenkes dan semua pihak terkait untuk bekerja keras agar persoalan virus corona ini bisa segera teratasi.

“Pak Presiden dalam hal ini begitu dapat laporan, memerintahkan Menkes dan juga seluruh jajaran lah untuk semakin bekerja keras tangani ini, agar masyarakat terlindungi dan dampaknya bisa diminimalisir,” terang Pratikno.

Sebelum ditetapkan sebagai pasien positif corona, Budi Karya diketahui sakit tifus dan asma. Dua penyakit itu disebut-sebut sudah lama diderita.

“Beliau tengah dalam perawatan di rumah sakit karena penyaktit tifus dan asma yang sudah lama diderita,” kata Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Adita Irawati.

Menhub dalam dua pekan terakhir jarang terlihat di lingkungan tempat Ia bekerja atau menghadiri agenda-agenda penting di mana Ia seharusnya menjadi narasumber bersama menteri lain.

Agenda terakhir yang diwakilkan yakni pada Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan Darat, Senin (2/3) dan menjadi pembicara pada Infrastruktur Outlook 2020, pada Senin (9/2) di Kementerian Keuangan.

Mobilitas Menhub memang dikenal sangat tinggi. Dia bisa melakukan kunjungan ke beberapa daerah dalam sehari menggunakan helikopter atau pesawat khusus.

Ia juga kerap kali bekerja tujuh hari seminggu tanpa libur untuk mengecek infrastruktur transportasi meskipun Ia memiliki riwayat sakit asma sejak lama.

Menhub Budi Karya jatuh sakit gejala tifus setelah beberapa waktu lalu melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Pare Pare, Kertajati dan Indramayu.(yaya)