Arab Saudi Tutup Semua Sekolah dan Kampus Karena Wabah Virus Corona

fokusmedan : Arab Saudi menutup semua sekolah, universitas, dan lembaga pendidikan lainnya mulai Senin (9/3) sampai pemberitahuan lebih lanjut di tengah upaya memutus penyebaran virus corona. Demikian dilaporkan Badan Pers Saudi (SPA).

“Keputusan menutup semua studi pendidikan merupakan kelanjutan dari perhatian kepemimpinan yang bijaksana pada anak-anaknya, kepeduliannya terhadap keselamatan mereka, dan penyediaan alternatif yang sesuai untuk melanjutkan pembelajaran jarak jauh,” kata Kementerian Pendidikan, dikutip dari Alarabiya, Senin (9/3).

Kementerian Pendidikan Arab Saudi juga mengarahkan pembentukan “sekolah virtual” dan pembelajaran jarak jauh selama penutupan ini.

Menteri Pendidikan Arab Saudi, Hamad bin Mohammed Al Al-Sheikh kepada Alarabiya menyampaikan, penutupan ini juga berlaku bagi siswa, guru, dan pegawai.

“Mereka tidak akan diminta untuk melaksanakan tugas apapun. Perintah ini termasuk untuk semua sekolah publik. Berlaku juga untuk universitas, keputusan untuk menugaskan pegawai atau fakultas akan diserahkan kepada pimpinan universitas karena mereka perlu melanjutkan kuliah online dan melihat apa yang sesuai dengan kurikulum mereka,” jelasnya.

Keputusan menutup sekolah ini bersamaan dengan penutupan atau isolasi sementara Provinsi Qatif di wilayah timur Arab Saudi untuk mencegah penyebaran virus corona setelah 11 orang di wilayah itu terinfeksi.

Pemerintah Arab Saudi juga mengatakan penutupan ini juga berlaku bagi pusat kegiatan dan pendidikan Alquran di masjid-masjid.

Pada Senin pagi, juga diumumkan penutupan jalan raya Riyadh dan wahana bermain musim dingin karena kekhawatiran atas penyebaran virus corona, seperti diberitakan televisi pemerintah.(yaya)