Anggota Komisi I Minta Pemerintah Moratorium 10 Negara Potensi Virus Corona

fokusmedan : Anggota Komisi I DPR Abdul Kadir Karding mendorong pemerintah melakukan moratorium terhadap 10 negara potensial virus corona. Hal tersebut guna mencegah virus corona masif menyebar ke Indonesia.

“Saya sih punya pikiran agak radikal terhadap antisipasi penyebaran virus corona. Kalau perlu kita moratorium sementara terhadap 10 negara yang potensial. Moratorium sementara dengan batas-batas tertentu. Itu satu yang harus dilakukan pemerintah,” kata dia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/2).

Kemudian, Karding mengusulkan adanya krisis center di setiap kabupaten atau kota yang melibatkan semua pihak. Mulai dari dokter, pemerintah daerah, polisi TNI dan para tokoh masyarakat.

“Antisipasi semua kejadian dengan melihat kejadian yang ada di Wuhan misalnya. Jangan kaya kemarin, panik sebentar, masker dan hand sanitizer habis. Ini kan artinya kita harus betul-betul siap,” ucap Karding.

Perketat Pintu Masuk Indonesia

Selain itu, Karding ingin pemerintah lebih memperketat pintu masuk ke Indonesia. Dengan menyiagakan tim di daerah-daerah, misalnya di bandara atau pelabuhan yang memang harus fokus.

Ditambah, masyarakat harus mendapat informasi yang utuh dan menyeluruh di tentang corona. Mulai cara menanggulangi, mengenal jenis virus dan bagaimana cara menghindarinya.

“Makanya saya dorong kemenkes sama kemenkominfo untuk sosialisasi masif. Menurut saya harus ditayangkan rutin di TV selain ke grup WA dan official. Jadi harus ada satu sistem yang cepat dan terencana utk antisipasi. Dan masyarakat enggak usah paniklah,” tandas politisi PKB itu. (yaya)