Kekayaan Bertambah, Hartono Bersaudara Masuk Daftar 100 Orang Terkaya Dunia di 2020

fokusmedan : Pada Rabu (26/2) lalu, Lembaga Penelitian Hurun merilis nama 100 orang terkaya di dunia. Dua diantaranya merupakan warga negara Indonesia. Keduanya adalah pengusaha yang masih satu bersaudara, R. Budi Hartono dan Michael Hartono.

R. Budi Hartono berada di peringkat 60 dunia dengan kekayaan mencapai 18 miliar Dollar Amerika, atau setara dengan 246,6 triliun rupiah. Sementara kakaknya, Michael Bambang Hartono berada di posisi 68 besar dunia, dengan kekayaan 17 miliar Dollar Amerika atau setara dengan 232,9 triliun rupiah. Sumber kekayaan keduanya sama-sama berasal dari Bank Central Asia.

Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono merupakan pengusaha keturunan Tionghoa yang juga anak kedua dari pendiri perusahaan Djarum, Oei Wie Gwan. Selain mewarisi kekayaan ayahnya, Robert bersama kakaknya, Michael Hartono juga memiliki mayoritas saham di Bank Central Asia (BCA) melalui Farindo Holding Ltd. sebesar 51 persen.

Sebagai seorang Taipan Ia juga menyukai olahraga bulu tangkis. Karena itulah ia mendirikan Persatuan Bulu Tangkis (PB) Djarum pada tahun 1969 yang melahirkan atlet-atlet bulu tangkis kelas dunia dari Indonesia.

Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono merupakan kakak dari Robert Bambang Hartono. Setelah ayahnya, Oei Wie Gwan meninggal, Michael bersama adiknya meneruskan estafet usaha perusahaan rokok Djarum.

Walaupun termasuk 100 orang terkaya dunia dan orang terkaya nomor dua di Indonesia setelah adiknya, Michael dikenal memiliki gaya hidup yang sederhana. Dalam sebuah postingan foto dari pemilik akun Twitter @ayudh69, Michael tampak sedang menikmati jajanan Tahu Pong Karangsaru.

Bukan Yang Pertama

Baik bagi Robert maupun Bambang, predikat sebagai bagian dari orang terkaya dunia bukan yang pertama kalinya mereka sandang. Pada 6 Maret 2019 Michael Hartono menjadi orang nomor 56 terkaya dunia dengan kekayaan 18,5 miliar Dollar Amerika (Rp 261,3 triliun). Sementara adiknya Robert Hartono berada di peringkat 54 terkaya dunia dengan 18,6 miliar Dollar Amerika (Rp 262,7 triliun).(yaya)