PT KAI Divre I Sumut gelar sosialisasi keselamatan di area perlintasan

fokusmedan : Untuk menurunkan tingginya angka kecelakaan di area perlintasan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tertib di area perlintasan.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, M Ilud Siregar menyampaikan, pihaknya mencatat bila di tahun 2019 saja telah terjadi 108 kali kecelakaan di area perlintasan.

“Enam kali kejadian di perlintasan resmi dan 50 kali di perlintasan tidak resmi serta 36 kali pejalan kaki dan 16 hewan ternak,” sebutnya di  sela acara sosialisasi di Perlintasan Sebidang yaitu perlintasan JPL No 02 Km 0+ 690 Lintas Medan Belawan/Medan Binjai, Jumat (28/2).

Sedangkan di tahun 2020, lanjutnya, terdapat 18 kejadian di mana di perlintasan resmi dua kejadian dan delapan kejadian di perlintasan tidak resmi, pejalan kaki enam kejadian serta hewan ternak ada dua kejadian.

“Bahkan untuk menurunkan angka kecelakaan di area lintasan, sejak tahun 2018 kita telah menutup 45 perlintasan tidak resmi,” ujarnya.

Sayangnya, sering sekali langkah itu mendapat penolakan dari warga sekitar.

“Padahal langkah itu untuk keselamatan bersama,” tandasnya.(ten)