MPR Minta Pemerintah Jawab Keraguan Virus Corona Belum Masuk Indonesia

fokusmedan : Wakil Ketua MPR Arsul Sani meminta pemerintah menjelaskan ke publik apakah Indonesia sudah bisa mendeteksi virus Corona atau tidak. Dia menyarankan, pemerintah seharusnya mengkomunikasikan terkait ada tidaknya virus corona di Indonesia yang banyak diragukan orang.

“Nah itulah yang harus terus dijelaskan oleh pemerintah. Kalau perlu menurut saya setiap hari harus dikomunikasikan soal ini. Toh ada juga bahan yang mengkomunikasikan seperti warga yang pulang dari Jepang itu,” ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (28/2).

Dia juga meminta pemerintah menanggulangi ketakutan masyarakat akan penyebaran virus Corona. Termasuk, pemerintah harus transparan berapa jumlah warga yang terinfeksi.

“Berapa sih jumlah warga yang terkena virus Corona, termasuk yang tidak. Ini kan dilakukan dan harus dijawab oleh pemerintah,” kata Arsul.

Dugaan di Indonesia sudah tersebar virus Corona itu memicu Arab Saudi moratorium umroh. Arsul memahami kewaspadaan Arab Saudi itu.

Arsul justru khawatir penyelenggaraan haji tahun ini. Kalau moratorium itu berlanjut, dapat mengganggu penyelenggaraan haji.

“Kalau kebijakan pemerintah selalu berkepanjangan tentu akan kemudian mengganggu penyelenggaraan haji, nah ini yang saya kira kita harus dorong Pemerintah untuk terus berkomunikasi, diplomasi dengan Arab Saudi,” kata Sekjen PPP itu.

Arsul berharap ada jalan keluar antara pemerintah Arab Saudi dengan Indonesia untuk persoalan moratorium umroh ini.(yaya)