27/04/2024 7:10
NASIONAL

Mahfud Akan Adakan Pertemuan Bilateral dengan India Bahas Andaman

fokusmedan : Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud Md siang ini dikunjungi pihak kedutaan besar India di Indonesia. Menurut Mahfud, kedatangan Dubes India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat beserta rombongan ke kantornya demi membahas rencana pertemuan bilateral.

“Artinya hanya kunjungan kehormatan. Tetapi masalah yang substansi tadi, misalnya kami menyepakati untuk mencari tanggal baru, pertemuan bilateral antara saya selaku Menkopolhukam dengan ketua dewan nasional India,” kata dia di kantornya, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Mahfud menerangkan, pertemuan bilateral yang sejatinya akan diselenggarakan pada Maret ini terpaksa dibatalkan. Hal ini karena isu virus Corona dan lain hal. Pertemuan tersebut diagendakan akan membahas mengenai isu-isu strategis, seperti isu keamanan dan menyangkut Pulau Andaman.

“Untuk membahas tantangan di bidang pertahanan dan keamanan. Harusnya pada bulan Maret,” katanya.

“Lalu, kita akan membicarakan lagi perundingan tentang Pulau Andaman yang berhimpit antara Indonesia dan Malaysia yang selama ini perlu, tidak menimbulkan suasana panas,” kata dia melanjutkan.

Daerah Strategis 

Mahfud menilai perlu pembahasan mengenai pulau tersebut. Daerah itu begitu strategis karena berhimpitan antar Malaysia dan Indonesia. Padahal pulau tersebut masuk dalam teritori India.

“Ini sangat perlu disepakati bersama, bagaimana mengelola daerah yang berhimpit itu,” ungkap dia.

Dia tidak menyebutkan kapan pastinya pertemuan antara dua negara itu diselenggarakan.(yaya)