Reaksi Nadiem Makariem Soal Susur Sungai yang Tewaskan Siswa SMP

fokusmedan : Peristiwa nahas susur sungai yang menimpa para siswa SMP di Turi, Sleman memancing reaksi dari berbagai pihak. Setelah Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan menyayangkan peristiwa tersebut, kini giliran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem yang memberikan reaksi.

Menanggapi kejadian tersebut, Nadiem langsung meminta jajarannya di Kemendikbud untuk turun ke lapangan. Tindakan ini dilakukan untuk investigasi, mencari akar permasalahan yang sedang terjadi.

Berikut pernyataan Nadiem Makariem terkait kejadian susur sungai kegiatan pramuka SMP N 1 Turi.

Tanggapan Nadiem

Melalui siaran pers di Jakarta, Nadiem meminta seluruh sekolah lebih mengutamakan keamanan dan keselamatan siswa saat melakukan kegiatan di luar sekolah.

“Sekolah harus benar-benar memastikan semua kegiatan di bawah pembinaan sekolah agar dapat mengutamakan keamanan dan keselamatan siswa. Jadi harus dipertimbangkan secara matang,” kata Nadiem dilansir dari Antara.

Selain itu, Nadiem juga telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk melakukan investigasi terkait kejadian tersebut.

“Kami bersama pemerintah setempat dan pihak berwajib terjun langsung ke lapangan untuk menelusuri apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi,” ujar Nadiem.

Tinjau Lokasi

Nadiem Makariem tidak meninjau langsung ke lokasi, namun meminta tim dari Direktorat Anak Usia Dini, Dasar Dan Menengah (Ditjen PAUD Dasmen), serta tim dari Inspektorat Jenderal untuk terjun ke lapangan.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Naim, termasuk yang meninjau langsung ke lokasi kejadian. Di sana dia mengunjungi para siswa yang menjadi korban untuk memberi santunan dan juga menyampaikan ucapan bela sungkawa dari Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Nadiem Makariem.

Selain itu, dia juga memberikan arahan di Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman yang dihadiri oleh semua kepala sekolah jenjang SMP di Kabupaten Sleman. Dalam kunjungan itu Ainun Naim juga menyampaikan tentang pentingnya aspek keselamatan dalam setiap kegiatan yang diadakan sekolah.

Tidak hanya kondisi fisik sekolah yang aman, tetapi juga program sekolah harus mempertimbangkan keamanan anak didik.

“Jadi, jika ada kegiatan di luar sekolah maka harus diperhitungkan dengan baik keselamatan anak didik, termasuk melibatkan masyarakat di tempat tersebut,” terang Naim dikutip dari Kemdikbud.go.id.(yaya)