Doktor Fisika USU Meninggal Sesaat Sebelum Diwisuda

fokusmedan : Duka mewarnai wisuda di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Senin (24/2) pagi. Seorang wisudawan Program Doktor Ilmu Fisika FMIPA USU meninggal dunia beberapa saat sebelum diwisuda.

Wisudawan yang meninggal dunia yakni Dr M Gade MSi (61), warga Jalan Padi Raya, Pasar V, Tembung, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Dia akan diwisuda setelah dinyatakan lulus dari Program Doktor Ilmu Fisika FMIPA USU pada 29 Januari 2020 dengan mempertahankan desertasi berjudul: “Pembuatan dan Karakterisasi Film Kitosan sebagai Green Dielektrik dengan Penambahan Natrium Tripolyphosphate (Na5P3O10) untuk Aplikasi Kapasitor Elektrostatik”.

Berdasarkan informasi dihimpun, Gade tiba-tiba pingsan menjelang wisuda. Tak lama berselang dia dinyatakan meninggal dunia di RS USU.

Kepala Kantor Humas, Promosi dan Protokoler USU, Elvi Sumanti, menjelaskan kronologi meninggalnya Gade. “Lima belas menit sebelum wisuda dimulai, beliau mendadak pingsan di tempat duduknya, sehingga wisudawan lain terkejut,” ucapnya.

Pihak rumah sakit kemudian dihubungi, sementara Gade diistirahatkan di lobi auditorium. “Setelah ambulans tiba, beliau dibawa ke UGD RS USU. Sampai di IGD sudah DOA dan pupil sudah diatasi maksimal, di biro sudah dilaksanakan RJP, dilakukan RJP oleh staf IGD dr Fairuz dan PPDS anastesi dan dinyatakan meninggal 07.56 Wib di RS USU,” jelas Elvi.

Dia menyatakan segenap civitas akademika USU turut berbelasungkawa atas kejadian ini. “Segenap pimpinan USU dan seluruh hadirin turut berduka cita. Semoga almarhum husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan tabah,” sebut Elvi.

Wisuda USU Periode II Tahun Akademik 2019/2020 di Auditorium USU berlangsung Senin (24/2) dan Selasa (25/2), masing-masing terdiri dari dua sesi. Terdapat 2.509 orang yang diwisuda setelah menyelesaikan studinya pada November 2019 hingga Januari 2020.

Wisudawan pada Periode II Tahun Akademik 2019/2020 terdiri dari 86 program doktor, 507 program magister, 17 program magister dan pendidikan dokter spesialis, 62 pendidikan dokter spesialis, 9 dokter gigi spesialis, 77 program dokter jenjang magister, 200 program pendidikan profesi, 1.464 program sarjana, dan 87 orang program diploma.

Lulusan USU periode ini terdiri dari 1.045 orang (41.65 %) pria dan 1.464 orang (58.35 %) wanita. Sejak awal berdiri, USU sudah meluluskan 218.078 mahasiswa.(yaya)