Menteri Erick: Claus Wamafma Diangkat Jadi Direktur Freeport Bukan Karena dari Papua

fokusmedan : Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menolak jika pengangkatan Claus Wamafma sebagai direktur PT Freeport Indonesia karena dia berasal dari Papua. Dia mengungkapkan alasan utama pengangkatan itu murni didasarkan aspek kompetensi.

“Ini bukan alasan politik, tapi karena Claus sudah melalui banyak hal di Freeport dan dia berhak untuk itu. Kemampuannya sesuai. Bukan karena dia Papua,” tegas Menteri Erick Thohir seperti dikutip dari Antara ketika menghadiri inaugurasi perekrutan pekerja Papua oleh BUMN di Gedung Pertamina, Jakarta, Sabtu (22/2).

Menteri Erick Thohir menjelaskan bahwa dia telah mempelajari kinerja Claus di PT Freeport Indonesia. Menurutnya, pengalaman selama 21 tahun bekerja di pertambangan emas serta kemampuan pengetahuannya dirasa mumpuni untuk mengemban jabatan tersebut.

Selain itu, dia menegaskan bahwa siapa saja berhak untuk menduduki jabatan di Freeport tersebut asalkan memiliki pengalaman, kemampuan, serta pengetahuan yang cukup dalam membidangi posisi di perusahaan tambang emas itu.

Menteri Erick Bahagia Saat Tahu Wamafma dari Papua

Menteri Erick mengakui menjadi kebahagiaan tersendiri ketika mengetahui ternyata Claus adalah penduduk asli Papua. Di mana, hal tersebut mampu untuk menjadi motivasi bagi setiap anak muda seluruh Indonesia, khususnya Papua.

“Presiden Joko Widodo sayang sama Papua, saya Menteri BUMN juga sayang dengan Papua, maka setiap masyarakatnya juga berhak mendapatkan kesempatan yang sama,” kata Menteri Erick Thohir.(yaya)