Stok masker di Kota Medan nyaris kosong

fokusnedan : Wabah virus corona (Covid-19) yang melanda dunia, terutama di Republik Rakyat Tiongkok (RRT), berdampak langsung terhadap persediaan stok masker di Kota Medan.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan pada sejumlah apotik di kawasan Sukaramai, Kota Medan, stok masker nyaris kosong.

“Sudah beberapa hari ini kami sudah tidak menjual masker lagi, soalnya stoknya kosong,” sebutnya kepada wartawan, Selasa (18/).

Ha senada juga disampaikan Ahmad, seorang petugas apotik di Jalan AR Hakim yang menyebutkan, kekososngan itu sudah berlangsung sepekan lalu.

“Malah ada yang sampai meninggalkan nomor kontak agar bisa mendapatkan masker dari kita,” katanya.

Ia menjelaskan, kekosongan stok masker sudah berlaku mulai dari tingkat distributor hingga ke apotek.

“Tidak tahu pastinya apa penyebab kosongnya stok masker itu,” tukasnya.

Terpisah, Ketua Gabungan Perusahaan (GP) Farmasi Sumatera Utara (Sumut) Amin Wijaya mengatakan, stok ketersediaan masker memang telah kosong ditingkat distributor sejak sekitar dua-tiga pekan terakhir.

Kekosongan ini lantaran ketersediaannya yang sebagian besar harus di impor dari RRT.

“Permintaan masker kan sedang banyak, apalagi semua panik semua terkait corona,” sebutnya.

Ia pun menjelaskan, sebagian besar masker yang beredar di Indonesia terutama di Sumut, produsennya juga kebanyakan berasal dari Tiongkok.

“Padahal, untuk Tiongkok saja, kebutuhannya kini sangat besar untuk memenuhi kebutuhan masker warganya,” tandasnya.(riz)