19/04/2024 17:35
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Lanjutkan Komitmen Cari_Aman, Honda Dukung Pertamina Edukasi Karyawan

fokusmedan : Kontribusi menciptakan para pengendara yang sadar keselamatan tidak henti ditunjukkan PT Indako Traidng Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) yang menggandeng Pertamina Marketing Operation Region (MOR) 1 melalui fungsi Health, Safety, Scurity dan Environment (HSSE) untuk menggelar edukasi pentingnya mengutamakan keselamatan berkendara (safety riding) kepada para karyawannya guna mengurangi resiko kecelakaan yang fatal dan mengajak tertin berlalu lintas dengan selalu #cari_aman di jalan.

Pada aktivitas yang berlangsung di di Fuel Terminal (FT) Sibolga, FT Medan Group dan wilayah Medan Labuhan sejak 10 s/d 13 Februari, para instruktur safety riding terlatih Honda memberikan sejumlah materi baik materi terkait faktor penyebab kecelakaan, teknik berkendara yang baik, posisi tubuh yang baik, dan etika berkendara yang baik di jalan. Honda juga mengajak para peserta untuk mengukur keahliannya berkendara melalui praktek langsung bekendara aman bersama motor Honda.

Selain materi safety riding, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) juga menghadirkan serangkaian pelatihan seperti pelatihan Military Contigency Plan bertujuan memberikan keterampilan dasar mengoperasikan mobil tangki untuk para personil TNI Kodam Bukit Barisan, dan sosialisasi bahaya kebakaran untuk siswa SD dan SMP.

Roby Hervindo, Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR I mengungkapkan, rangkaian pelatihan dan edukasi ini merupakan bagian dari peringatan bulan kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Pihaknya berharap rangkaian kegiatan ini dapat mengurangi jumlah kecelakaan dan dampak bencana.

“Kecelakaan lalu lintas dan bencana menjadi faktor yang sangat berpotensi mengganggu kelancaran penyaluran BBM dan elpiji kepada masyarakat luas, karenanya kami berupaya membekali para karyawan dengan pelatihan safety riding yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka tentang bagaimana berkendara yang aman dan benar, “ ujarnya.

Sofian Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy mengungkapkan sangat mengapresiasi sambutan luar biasa yang ditunjukkan para karyawan Pertamina Marketing Operation Region (MOR) 1 yang sangat antusias menerima materi safety riding yang diberikan. Menurutnya hal tersebut diharapkan dapat menginspirasi perusahaan lainnya untuk ikut memberikan perhatian kepada keselamatan para karyawannya.

Sementara itu Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy mengungkapkan bahwa semua pihak memiliki peranan penting dalam menciptakan budaya aman berkendara, dan melalui aktivitas ini Pertamina Marketing Operation Region (MOR) 1 telah menunjukkan perannya.

“Keselamatan adalah hal berharga dalam hidup yang harus kita jaga, karenanya Dengan Semangat Satu Hari, Honda mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tidak hanya melindungi diri sendiri, namun juga turut mengajak orang- orang di sekitarnya untuk ikut cari_aman di jalan, “ ujar Gunarko.(yaya)