Tercatat 83 orang jalani karantina rumah usai tiba dari negara terinfeksi virus corona

fokusmedan : Sebanyak 83 orang yang terdiri dari 38 WNI dan 45 WNA di Sumut menjalani karantina rumah selama 14 hari usai tiba dari negara terinveksi virus corona.

Dalam hal ini 83 orang tersebut dalam pengawasan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Berdasarkan data Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan menegaskan bahwa, kendati dikarantina, ke-83 orang ini kondisi kesehatannya baik. Hanya saja, karena baru tiba dari negara terjangkit virus corona (nCoV), maka dianggap mereka perlu diamati.

“Kenapa karantinanya di rumah bukan di rumah sakit, ya karena mereka tidak sakit,” sebutnya kepada wartawan, Selasa (11/2).

Selain itu, lanjutnya, sebelum diizinkan masuk, ke-83 orang itu juga telah membuat perjanjian untuk diam di rumah selama 14 hari. Kemudian, bila terjadi apa-apa, maka secepat mungkin harus segera melapor ke Dinas Kesehatan.

“Tapi kita juga akan terus ikuti perkembangannya. Jadi sewaktu-waktu akan dilakukan kunjungan berkala dan sifatnya juga mendadak,” ujarnya.

Disinggung lebih jauh mengenai identitas ke-83 orang yang menjalani karantina rumah ini, Alwi enggan untuk membeberkannya. Ia menekankan, hal ini dilakukan untuk kepentingan masyarakat secara luas atas isu virus corona.

“Kasihan masyarakat menjadi stres karena isu virus corona ini,” pungkasnya.(riz)