Jokowi Bandingkan Penanganan Karhutla RI-Australia: Mereka Tak Punya Babinsa

fokusmedan : Presiden Joko Widodo atau Jokowi membandingkan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Australia dengan Indonesia. Jokowi mengklaim penanganan karhutla di Indonesia lebih baik ketimbang Australia.

Jokowi melanjutkan, Indonesia memiliki Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang berada di bawah kewenangan TNI untuk menangani masalah karhutla. Sementara Australia, hanya memiliki polisi hutan.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2).

“Coba dicek di Australia, enggak ada Babinsa, Babinkantibmas juga enggak ada. Mereka hanya punya polisi hutan, penjaga hutan, kita juga punya. Itu keuntungan kita,” ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan bahwa karhutla di Australia setidaknya membakar 11 juta hektare lahan. Hal itu, kata dia, membuat negara sebesar Australia menjadi kewalahan.

Untuk itu, Jokowi meminta semua pihak untuk mencegah terjadinya karhutla. Dia juga mengingatkan Babinsa, pejabat TNI-Polri dan kepala daerah di wilayah rawan karhutla segera padamkan api sekecil apapun.

“Kalau ada api satu saja di desa, segera cari ember padamkan. Jangan sampai meluas dan menggunakan air yang berjuta-juta ton dan tidak menyelesaikan,” jelas Jokowi.(yaya)