Paus Fransiskus ke Indonesia September, ICMI Usulkan Pertemuan Tokoh Lintas Agama

fokusmedan : Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie melaporkan rencana kedatangan Pemimpin Vatikan Paus Fransiskus pada bulan September mendatang kepada Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin. Jimly mengusulkan, kedatangan Paus bisa dijadikan momentum pertemuan tokoh lintas agama.

“Paus akan datang ke Indonesia bulan September. Dalam sejarah tercatat Paus Fransiskus adalah seorang yang enlighten dan reformis,” kata Jimly di Istana Wakil Presiden Indonesia, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta¬†Pusat, Rabu (5/2).

Selain Paus Fransiskus, rencananya Indonesia juga akan kedatangan perwakilan Rabithah Alam Islami (Liga Dunia Islam). “Sekjennya mereka juga sangat muda dan reformis,” lanjut Jimly.

Selain dua tokoh agama tersebut, Jimly mengatakan masih ada Pangeran Saudi, Rektor Universitas Al-Azhar Kairo yang juga bertipe reformis yang sempat dan juga ingin berkunjung ke Indonesia.

Karenanya Jimly menyampaikan kepada Wapres Ma’ruf, agar memanfaatkan momentum tersebut agar berdampak baik ke Indonesia.

“Tadi kami diskusi, kita manfaatkan momentum ini untuk inisiatif supaya Indonesia bisa menjadi inisiator suatu puncak pertemuan tokoh negarawan, tokoh politik, tokoh semua agama,” harap Jimly.

Jimly memandang, saat ini hubungan antar umat beragam di seluruh dunia sedang menghadapi masalah. Seperti, Islamophobia yang tidak hanya di negara barat tapi juga China dan India, negara Asia yang sebagian wilayahnya intoleran terhadap muslim .

“Indonesia kita harapkan dan Wapres menyambut agar Indonesia ambil insiatif diselenggarakannya pertemuan internasional dalam mempertemukan tokoh ini karena kita punya Wapres Ketua MUI,” kata Jimly.(yaya)