26/04/2024 4:38
GAYA HIDUP & KESEHATAN

Benarkah Scaling Bisa Membuat Gigi Menjadi Lebih Tipis?

fokusmedan : Kabar tidak benar atau hoaks di dunia kesehatan, terutama seputar gigi dan mulut, menurut drg Hardini Dyah Astuti Sp Perio, tidak akan habis-habis. Semisal, hari ini mengedukasi pasien mengenai kabar hoaks yang A, besok sudah muncul yang baru.

“Setiap kali ketemu pasien, saya pasti selalu mendapatkan kabar yang aneh-aneh,” kata drg Hardini Dyah Astuti Sp Perio yang berpraktik di Divine Dental Clinic, World Trade Center (WTC) 3, Jakarta  Selatan.

Bahkan, tak jarang berita tidak benar itu datang dari pasiennya sendiri berdasarkan pengalaman pahit yang pernah dia alami.

“Pernah pasien datang ke saya, katanya scaling bikin aus dan bikin giginya tipis,” ujar Hardini.

Bukan Diamplas

Hardini mengaku sedih mendengar pernyataan itu. Padahal, dalam praktiknya, dokter yang sedang mengerjakan scaling atau membersihkan karang gigi pasien tidak sedang mengamplas gigi yang bikin gigi jadi tipis.

“Membersihkan karang gigi itu kan dengan vibration saja. Itu cuma digetarkan, bukan diamplas,” katanya.

“Saya mendengar itu saat scaling baru dimulai. Jadinya, saya selalu bilang ke pasien saya itu, kalau saya hanya menggetarkan bukan yang lain,” Hardini melanjutkan.

Karang Gigi Menempel

Hardini menduga ketakutan itu muncul karena memang karang yang menempel di gigi seringkali memunculkan ‘rasa padat atau tebal’ di mulut. Begitu karang itu dibersihkan, yang membuat tebal itu tidak ada lagi.

“Atau pasien ini sebenarnya takut ke dokter gigi. Jadi muncul rasa seperti itu. Makanya saya bilang ke pasien itu, kalau bapak merasa sakit saat di-scaling satu dokter, cari dokter yang lain,” ujarnya.(yaya)