Ketahui Perbedaan Penyakit Pneumonia Biasa dengan Pneumonia Akibat Virus Corona

Merdeka.com – Munculnya pneumonia asal Wuhan yang diakibatkan oleh virus corona telah menimbulkan ketakutan di masyarakat. Banyak yang bertanya-tanya apa bedanya penyakit ini dengan pneumonia biasa.

Jika ada seseorang yang secara tiba-tiba merasa sesak dan ada riwayat dia dari Wuhan, Kementerian Kesehatan memasukkannya ke dalam kewaspadaan tinggi terhadap novel coronavirus (pneumonia wuhan).

“Namun, jika tidak ada cerita tersebut kita masih melakukan tata pola seperti pneumonia biasanya,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono.

Menurut Anung, pneumonia sebelumnya pernah terjadi di Indonesia dan banyak juga kasusnya. Kemudian, jika ini mengarah ke novel coronavirus seseorang yang sakit dengan gejala virus yang tidak biasa dan penurunan kondisi yang cepat.

“Mohon maaf jika tiba-tiba seseorang sesak nafas dan tidak sadarkan diri dalam waktu yang cepat itu kita juga perlu curiga ke arah novel coronavirus,” kata Anung.

Selanjutnya, dalam waktu 14 hari jika ada cerita yang berkaitan dengan hal-hal seperti kontak erat dengan seseorang yang memiliki riwayat novel coronavirus dan mengunjungi fasilitas kesehatan di sana, mengunjungi atau bekerja di Wuhan dan memiliki riwayat kontak dengan hewan disana.