Dosen USMI Laksanakan Pengabdian Masyarakat di SMPN 3 Medan

Fokusmedan: Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia (Prodi Ilkom USMI) laksanakan pengabdian kepada masyarakat di SMP Negeri 3 Medan dengan tajuk Penguatan Peranan Keluarga Untuk Pendidikan Anak di SMP Negeri 3 Medan. Hal tersebut dikemukakan Ketua Pelaksana Saurma MGP Siahaan, M.IKom, MIPR didampingi Niscaya Hia,M.Si selaku Anggota.

“Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Prodi Ilkom USMI dengan Forum Pemerhati dan Penulis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Utara dan SMP Negeri 3 Medan. Pada kesempatan ini kami menyampaikan paparan terkait bagaimana peran keluarga dalam pendidikan anak di sekolah, kepada orangtua siswa baru di kelas 7 dan orangtua siswa kelas 8 melalui dua sesi penyampaian, yakni di pagi hari dan siang hari,” jelas Saurma.

Ditambahkannya, kegiatan yang juga mengikutsertakan mahasiswa Prodi Ilkom tersebut dilaksanakan dengan penuh antusias dari orangtua siswa.

“Ada banyak pertanyaan menarik yang disampaikan, mengingat dalam paparan kami jelaskan bagaimana perkembangan terkini dan hal-hal yang dapat mengancam anak melalui keterlibatan dengan narkoba serta pergaulan yang tidak terkontrol. Oleh sebab itu, para orangtua siswa sepakat akan pentingnya komunikasi yang baik dengan pihak sekolah. Sebab itu langsung terbentuk kelompok orangtua di setiap kelas yang akan melancarkan komunikasi antara orangtua dan sekolah terkait perkembangan anaknya dan program-program kerja sekolah,” papar Saurma.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 3 Medan, Halimah Sibuea menegaskan bahwa dengan kolaborasi yang baik antara orangtua, sekolah dan masyarakat sekitar maka anak-anak akan mendapatkan dukungan yang kuat untuk keberhasilan pendidikan mereka.

“Kami sangat berterima kasih atas sinergitas kita dengan Forum P5A Sumut dan Prodi Ilkom USMI yang telah berhasil menguatkan orangua siswa untuk lebih berperan demi keberhasilan anak yang menjadi siswa di sekolah ini. Dengan kesepakatan adanya kelompok orangtua setiap kelas, kami harapkan semua akan semakin lancer dan anak mendapatkan manfaat terbaik,” pungkas Halimah.

Kegiatan diakhiri dengan pertunjukan siswa berprestasi di bidang seni yang disambut dengan aplaus yang meriah dari para orangtua siswa. (rel/ss)

Foto/Fokusmedan